perkembangan ekonomi digital di indonesia



Potensi kewirausahawan dengan memanfaatkan media digital dan e-commerce untuk perkembangan ekonomi Bangsa 

 

Perkembangan ekonomi suatu Negara ditopang dan didorong oleh banyak faktor  yaitu perkembangan infrastruktur , meningkatnya kualitas sumber daya manusia, suasana politik yang stabil dan  meningkatnya jumlah wirausahawan
Mengambil data statistik dari DATABOKS mengatakan  jumlah wirausahawan Indonesia baru mencapai  1,65%  wirausaha dari sekitar 252 juta penduduk, jumlah itu jauh dari jumlah wirausaha Negara tetangga  seperti singapura Thailand dan Malaysia, bahkan kalah jauh dari amerika serikat dan jepang yang mencapai 10%  lebih

( sumber databoks

meningkatnya jumlah wirausahawan memliki banyak keuntungan yaitu :
1.       Menambah lapangan pekerjaan karena tingginya pertumbuhan penduduk
2.       Membantu program pemerintah mengurangi jumlah kemiskinan
3.       mempercepat perkembangan ekonomi  dan pembangunan
4.       meningkatkan daya saing dan kreatifitas
5.       menambah pemasukan Negara melalui pajak

singkat kata , menjadi wirausahawan adalah jawaban paling efektif  dan  terbukti untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi Negara indonesia baik dalam bidang pembangunan SDM, Infrastruktur dan ekonomi, jika menjadi wirausaha mempunyai  banyak manfaat dan pendapatan lebih besar daripada menjadi karyawan, lalu kenapa kebanyakan orang masih enggan dan tidak terpikir untuk menjadikan wirausaha sebagai pekerjaan utama ?


  Menjadi wirausahawan masih tidak menarik minat masyarakat uhtuk mendapatkan atau menambah penghasilan , kendala yang sering ditemui bagi yang memiliki niat beberapanya yaitu  mungkin kita harus menyiapkan banyak dana, minimnya pengetahuan dan pengalaman , tidak bisa memasarkan produk yang bagus dan tidak mempunyai jaringan yang luas untuk promosi dan distribusi hal ini banyak membuat orang takut dan tidak  berniat  untuk menjadi seorang wirausaha walau sebenarnya menjadi wirausaha memiliki lebih banyak keuntungan daripada menjadi seorang karyawan/pekerja




Lalu adakah cara yang mudah dan murah untuk memulai berwirausaha dan  membuat lapangan pekerjaan semakin banyak ?  salah satu cara dan media yang sedang berkembang dan dimanfaatkan secara luas adalah meningkatnya penggunaan layanan digital / online di masyarakat, dari data pertumbuhan pengguna internet yang dapat dilihat disitus DATABOKS, jumlah pengguna internet Indonesia dalam angka sudah mencapai angka 88 juta, dan pada tahun  2017 diperkiranakan akan mengalami kenaikan,  hal ini membuat banyak masyarakat mulai menjadikan internet sebagai tempat untuk mencari informasi dan bersosialisasi lebih luas 


 ( sumber databoks )

Pertumbuhan pengguna internet mulai berdampak pada Sebagian besar masyarakat yang sudah mulai beralih menggunakan layanan digital yang ditawarkan penyedia jasa dan situs jual beli online , hal ini makin mempermudah masyarakat untuk memdapatkan produk / jasa yang ditawarkan  dan juga efektif meningkatkan penjualan produk/jasa milik penjual, setiap tahun jumlah pengguna internet yang melakukan transaksi melalui media digital terus mengalami kenaikan , pada tahun 2016 saja angkanya sudah mencapai  15  milyar dollar atau  setara 200 triliun rupiah dan akan terus meningkat , diperkirakan pada tahun 2017 jumlah transaksi e-commerce di tanah air akan mencapai angka 18,6 milyar dollar atau setara 247 triliun,

( sumber databoks )

melihat perkembangan tren penggunaan media digital sebagai pilihan transaksi dan pemasaran produk dan jasa , membuat Depkominfo membantu mengembangkan potensi Usaha kecil dan menengah (UMKM) di tanah air untuk memanfaatkan media digital sebagai wadah pemasaran dan transaksi dengan memberikan bantuan berupa insentif  dan pelatihan


Pemanfaatan media digital sebagai tempat untuk mempromosikan dan menjual juga mampu meningkatkan perekonomian karena semakin banyaknya pihak yang menwarkan produk dan jasanya melalui situs jual beli online dan aplikasi di smartphone , dengan jumlah pengguna internet di Indonesia yang memanfaatkan media digital untuk bertransaksi  mencapai 8,6 juta jiwa di  tahun 2016, ini tentu saja menjadi pasar yang besar dan kesempatan untuk memulai usaha anda dengan memanfaatkan sarana media digital
 (sumber databoks )


bersumber dari data statistik DATABOKS  99,9% pelaku usaha di Indonesia adalah usaha kecil dan menengah (UMKM) tentu saja penggunaan sarana media digital dapat membantu mereka mempromosikan dan menjual produk dan jasanya dengan lebih cepat dan efisien karena penggunaan media digital seperti menjual  di situs jual beli online, media sosial dan membuat aplikasi lebih murah daripada harus membuka cabang atau membangun toko yang biayanya sangat mahal, banyak manfaat yang diperoleh jika kita memulai usaha melalui media digital yaitu :

1.       tidak perlu memiliki  / menyewa toko fisik (offline)
2.       produk dan jasa dipromosikan di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia
3.       hampir tidak ada biaya untuk promosi
4.       pelayanan lebih cepat karena dilakukan secara online dimana saja , kapan saja
5.       menggunakan situs atau media sosial yang sudah terkenal membuat lebih cepat dan efektif produk dan jasa yang ditawarkan dikenal masyarakat


masih banyak bidang usaha yang masih belum digarap maksimal yang mungkin memiliki kesempatan untuk berkembang diantara lain , jasa penyewaan, pembuatan, pertanian, pengolahan produk lanjutan, jasa  konsultasi
Dari beberapa pelaku usaha yang bergerak dibidang ecommerce masih didominasi oleh teknologi informasi , perbankan,  market place dan travel agent dengan produk yang banyak ditawarkan  antara lain elektronik, fashion, alat kesehatan, film/music, makanan, dan peralatan rumah tangga
( sumber databoks )


Dengan semakin bermunculannya penyedia market place e-commerce terkenal seperti bukalapak, tokopedia  lazada , dan layanan driver online seperti gojek, grab dan uber , mereka juga bekerja sama dengan pemilik usaha dan toko kecil untuk membantu memasarkan produk mereka , Bahkan beberapa perusahaan besar juga sudah melirik media digital dan e-commerce sebagai tempat promosi , menjual dan melayani konsumen yang mencari tahu tetang produk dan jasa yang ditawarkan,
apalagi dengan kondisi infrastruktur dan geografis Indonesia , dikarenakan masih ada beberapa provinsi yang pembangunannya yang tertinggal menurut DATABOKS , pemanfaatan media digital   sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan dan mengembangkan usaha pada daerah tersebut 


Media digital prinsipnya hanyalah sebuah media saja, yang memudahkan kita mempromosikan dan bertransaksi dengan konsumen dimana dan kapan saja, karena pelayanan yang baik dan produk / jasa yang berguna dan bermanfaatlah  yang menjadi faktor utama keberhasilan berwirausaha

Semangat berwirausaha dan maju terus perkembangan ekonomi digital tanah air !


Komentar

Postingan populer dari blog ini

review anime spring 2017