perkembangan ekonomi digital di indonesia
Potensi kewirausahawan dengan memanfaatkan media digital dan e-commerce untuk perkembangan ekonomi Bangsa
Perkembangan
ekonomi suatu Negara ditopang dan didorong oleh banyak faktor yaitu perkembangan infrastruktur ,
meningkatnya kualitas sumber daya manusia, suasana politik yang stabil dan meningkatnya jumlah wirausahawan
Mengambil
data statistik dari DATABOKS mengatakan
jumlah wirausahawan Indonesia baru
mencapai 1,65% wirausaha dari sekitar 252 juta penduduk, jumlah
itu jauh dari jumlah wirausaha Negara tetangga
seperti singapura Thailand dan Malaysia, bahkan kalah jauh dari amerika
serikat dan jepang yang mencapai 10% lebih
( sumber databoks )
meningkatnya jumlah wirausahawan memliki banyak keuntungan
yaitu :
1.
Menambah lapangan pekerjaan karena tingginya
pertumbuhan penduduk
2. Membantu program pemerintah mengurangi jumlah kemiskinan
3. mempercepat perkembangan ekonomi dan pembangunan
4. meningkatkan daya saing dan kreatifitas
5. menambah pemasukan Negara melalui pajak
2. Membantu program pemerintah mengurangi jumlah kemiskinan
3. mempercepat perkembangan ekonomi dan pembangunan
4. meningkatkan daya saing dan kreatifitas
5. menambah pemasukan Negara melalui pajak
singkat
kata , menjadi wirausahawan adalah jawaban paling efektif dan
terbukti untuk menyelesaikan berbagai masalah yang dihadapi Negara indonesia
baik dalam bidang pembangunan SDM, Infrastruktur dan ekonomi, jika menjadi
wirausaha mempunyai banyak manfaat dan
pendapatan lebih besar daripada menjadi karyawan, lalu kenapa kebanyakan orang
masih enggan dan tidak terpikir untuk menjadikan wirausaha sebagai pekerjaan
utama ?
Menjadi
wirausahawan masih tidak menarik minat masyarakat uhtuk mendapatkan atau menambah
penghasilan , kendala yang sering ditemui bagi yang memiliki niat beberapanya
yaitu mungkin kita harus menyiapkan
banyak dana, minimnya pengetahuan dan pengalaman
, tidak
bisa memasarkan produk yang bagus dan tidak mempunyai
jaringan yang luas untuk promosi dan distribusi hal ini banyak membuat
orang takut dan tidak berniat untuk menjadi seorang wirausaha walau sebenarnya
menjadi wirausaha memiliki lebih banyak keuntungan daripada menjadi seorang
karyawan/pekerja
Lalu
adakah cara yang mudah dan murah untuk memulai berwirausaha dan membuat lapangan pekerjaan semakin banyak
? salah satu cara dan media yang sedang
berkembang dan dimanfaatkan secara luas adalah meningkatnya penggunaan layanan
digital / online di masyarakat, dari data pertumbuhan pengguna internet yang dapat
dilihat disitus DATABOKS, jumlah pengguna internet Indonesia dalam angka sudah mencapai angka 88 juta, dan pada tahun 2017 diperkiranakan akan mengalami kenaikan, hal ini membuat banyak masyarakat mulai menjadikan internet sebagai
tempat untuk mencari informasi dan bersosialisasi lebih luas
( sumber databoks )
Pertumbuhan
pengguna internet mulai berdampak pada Sebagian besar masyarakat yang sudah
mulai beralih menggunakan layanan digital yang ditawarkan penyedia jasa dan
situs jual beli online , hal ini makin mempermudah masyarakat untuk memdapatkan
produk / jasa yang ditawarkan dan juga
efektif meningkatkan penjualan produk/jasa milik penjual, setiap tahun jumlah
pengguna internet yang melakukan transaksi melalui media digital terus
mengalami kenaikan , pada tahun 2016 saja angkanya sudah mencapai 15 milyar dollar atau setara 200 triliun rupiah dan akan terus
meningkat , diperkirakan pada tahun 2017 jumlah transaksi e-commerce di tanah
air akan mencapai angka 18,6 milyar dollar atau setara 247 triliun,
( sumber databoks )
melihat
perkembangan tren penggunaan media digital sebagai pilihan transaksi dan pemasaran
produk dan jasa , membuat Depkominfo membantu mengembangkan potensi Usaha kecil
dan menengah (UMKM) di tanah air untuk memanfaatkan media digital sebagai wadah
pemasaran dan transaksi dengan memberikan bantuan berupa insentif dan pelatihan
Pemanfaatan
media digital sebagai tempat untuk mempromosikan dan menjual juga mampu
meningkatkan perekonomian karena semakin banyaknya pihak yang menwarkan produk
dan jasanya melalui situs jual beli online dan aplikasi di smartphone , dengan
jumlah pengguna internet di Indonesia yang memanfaatkan media digital untuk
bertransaksi mencapai 8,6 juta jiwa
di tahun 2016, ini tentu saja menjadi pasar yang besar dan kesempatan untuk memulai usaha anda dengan memanfaatkan sarana media digital
(sumber databoks )
bersumber
dari data statistik DATABOKS 99,9% pelaku usaha di Indonesia adalah usaha
kecil dan menengah (UMKM) tentu saja penggunaan sarana media digital dapat
membantu mereka mempromosikan dan menjual produk dan jasanya dengan lebih cepat
dan efisien karena penggunaan media digital seperti menjual di situs jual beli online, media sosial dan
membuat aplikasi lebih murah daripada harus membuka cabang atau membangun toko
yang biayanya sangat mahal, banyak manfaat yang diperoleh jika kita memulai
usaha melalui media digital yaitu :
1.
tidak perlu memiliki / menyewa toko fisik (offline)
2. produk dan jasa dipromosikan di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia
3. hampir tidak ada biaya untuk promosi
4. pelayanan lebih cepat karena dilakukan secara online dimana saja , kapan saja
5. menggunakan situs atau media sosial yang sudah terkenal membuat lebih cepat dan efektif produk dan jasa yang ditawarkan dikenal masyarakat
2. produk dan jasa dipromosikan di seluruh wilayah Indonesia bahkan dunia
3. hampir tidak ada biaya untuk promosi
4. pelayanan lebih cepat karena dilakukan secara online dimana saja , kapan saja
5. menggunakan situs atau media sosial yang sudah terkenal membuat lebih cepat dan efektif produk dan jasa yang ditawarkan dikenal masyarakat
masih
banyak bidang usaha yang masih belum digarap maksimal yang mungkin memiliki
kesempatan untuk berkembang diantara lain , jasa penyewaan, pembuatan, pertanian, pengolahan produk lanjutan, jasa konsultasi
Dari beberapa pelaku usaha yang
bergerak dibidang ecommerce masih didominasi oleh teknologi informasi ,
perbankan, market place dan travel agent
dengan produk yang banyak ditawarkan antara lain elektronik, fashion, alat
kesehatan, film/music, makanan, dan peralatan rumah tangga
( sumber databoks )
Dengan
semakin bermunculannya penyedia market place e-commerce terkenal seperti
bukalapak, tokopedia lazada , dan
layanan driver online seperti gojek, grab dan uber , mereka juga bekerja sama
dengan pemilik usaha dan toko kecil untuk membantu memasarkan produk mereka , Bahkan
beberapa perusahaan besar juga sudah melirik media digital dan e-commerce sebagai
tempat promosi , menjual dan melayani konsumen yang mencari tahu tetang produk
dan jasa yang ditawarkan,
apalagi
dengan kondisi infrastruktur dan geografis Indonesia , dikarenakan masih ada beberapa
provinsi yang pembangunannya yang tertinggal menurut DATABOKS , pemanfaatan media
digital sangat diperlukan untuk mempercepat pembangunan
dan mengembangkan usaha pada daerah tersebut
Media
digital prinsipnya hanyalah sebuah media saja, yang memudahkan kita
mempromosikan dan bertransaksi dengan konsumen dimana dan kapan saja, karena
pelayanan yang baik dan produk / jasa yang berguna dan bermanfaatlah yang menjadi faktor utama keberhasilan
berwirausaha
Semangat berwirausaha dan maju terus perkembangan ekonomi digital
tanah air !
Komentar
Posting Komentar